Jumat, 03 Desember 2010

STRATEGI PEMASARAN UNTUK UMKM

Pemasaran memang menjadi kendala banyak UKM di Indonesia. Hal ini cukup wajar, karena masih banyak UKM yang melakukan pengelolaan bisnisnya secara tradisional. Yaitu, cukup membuat produk baik dan tinggal menunggu konsumen datang. Hal ini tidak salah, namun tidak bisa membuat UKM memiliki daya saing di pasar yang semakin kompetitif.  Untuk itu, menjadi UKM berdaya saing tinggi harus dengan produk yang berkualitas, harga yang rasional, dan juga strategi pemasaran yang ampuh. Dengan strategi pemasaran yang ampuh, maka tujuan akhir sebuah perusahaan akan dapat tercapai secara optimal. Yaitu memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Banyak hal yang harus anda perhatikan, tapi mulailah dari:
Ø Pahami keunggulan yang dimiliki produk anda
Ø Petakan konsumen yang membutuhkan keunggulan produk anda
Ø Uji cobakan dugaan anda dengan mempromosikan keunggulan produk anda ke konsumen yang anda tuju. Tentunya dengan strategi promosi yang efektif sehingga dapat menarik hati para konumen/masyarakat
Ø Bila kurang berhasil, cari titik permasalahannya, analisa, kemudian benahi dengan cermat
Ø Fokus pada upaya memasarkan pada konsumen yang benar-benar membutuhkan keunggulan produk anda akan membuat langkah pemasaran anda dengan lebih efektif dan efisien. jadi jangan tergoda untuk memasarkan pada semua orang

Selain itu, perlu diciptakan kawasan promosi UKM secara terpusat yang berfungsi sebagai pusat informasi produk-produk UKM dan menjadi lokasi tujuan kunjungan wisata pelancong mancanegara. Langkah alternatif lainnya yang perlu dioptimalkan adalah kemitraan dengan institusi akademik. Kemitraan semacam itu dapat diinisiasi dengan melibatkan pemerintah lokal/pusat. Dengan demikian, tercipta kolaborasi kohesif antara masyarakat, kalangan bisnis/wirausaha, dunia akademik dan pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar