Sabtu, 04 Desember 2010

“AKUNTANSI BIAYA”


Akuntansi Biaya adalah suatu bidang akuntansi yang mempelajari bagaimana mncatat, mengukur, dalam melaporkan informasi tentang biaya yang digunakan.
Akuntansi Biaya adalah akuntansi yang membahas cara penentuan “harga pokok produk” yang diproduksi untuk memenuhi pesanan atau kebutuhan pasar.

Perbedaan akuntansi biaya dan akuntansi keuangan
a.      Pihak yang berkepentingan, jika pada akuntansi keungan pihak yang berkepentingan adalah pihak luar atau ekstern sedangkan pada akuntansi biaya pihak yang berkepentingan adalah pihak intern.
b.      Fokus Informasi, jika pada akuntansi keuangan focus informasi biaya mencakup semua aktivitas perusahaan, sedangkan pada akuntansi biaya hanya terfokus pada aktifitas pembiayaan perusahaan saja.
c.       Lingkup Informasi, jika pada akuntansi keuangan lingkup informasinya untuk perusahaan yang terkait, sedangkan pada akuntansi biaya hanya terkhusus pada tiap divisi atau departemen dalam perusahaan.
d.      Rentan waktu, rentan waktu akuntansi keuangan biasanya dalakukan minimal setiap triwulan atau persemester atau persatu tahun, sedangkan pada akuntansi biaya bisa dilakukan kapanpun sesuai dengan kebutuhan (fleksibel).
e.      Sifat Imformasi, pada akuntansi keuangan harus terinci, lengkap, cermat dan teiliti. Sedangkan pada akuntansi biaya hanya sesuai dengan kebutuhan informasi. 

Kegunaan akuntansi biaya:
a.      Sebagai dasar untuk membuat perencanaan
b.      Bagaimana biaya itu bisa dilakukan atau ditekan seeffisien mungkin
c.      
µ = TR - TL
Sebagai cara untuk mengetahui harga pokok suatu barang karena Penetapan harga bisa diketahui dari harga pokok terlebih dahulu
d.      Menentuakan laba (laba = total penerimaan – total biaya) atau
e.      Sebagai dasar pengambilan keputusan, dengan diketahuinya biaya yang dikeluarkan perusahaan maka dapat digunakan sebagai suatu dasar pengambilan keputusan.

Konsep Biaya
1.      Biaya (cost) yaitu biaya yang telah dikeluarkan, baik yang sudah atau belum digunakan.
2.      Beban (expers) yaitu biaya-biaya yang telah terjadi, & sisanya dianggap harta.

Obyek Biaya
ü  Produk (barang)
ü  Produksi (proses)
ü  Departemen (divisi atau bagian)
ü  Lini Produk (serangkaian pagian produksi yang sejajar)
ü  Kontrak
ü  Proyek
ü  Tinjauan strategis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar